Senin, 09 Desember 2013


nama kelompok:
  1. risky pandu . s
  2. i gusti ayu


 SOFT SKILL

Softskill adalah sebuah hal yang dikaitkan dengan EQ( Emotional inteligent quotient), dimana didalamnya terdapat sifat tentang kepribadian ,  komunikasi,  optimes dan sebagainya.

Sembilan Pentingnya Softskill
1.       Communication skill
our lives begin to end the day we become silent  about things that matter
-          Kutipan Martin Luther king
Maksudnya :  dengan kita diam  dari hal –hal penting maka hidup kita sama seperti mati karena seolah menutup mata  dengan keadaan sekitar.

Bagaiman cara  anda berkomunikasi ?
a.Menulis  dan berbicara untuk menyampaikan  kepada orang lain hasil pemikiran kita dan menggunakan kata persuasif.
b. memperhatikan kata yang menjadi hambatan sehingga orang  lain salah paham

2.       Local language skill
Kemampuan bahasa lokal untuk dapat memahami  bahasa/ frasa lokal dalam lingkungan kerjasama.

Cara menggunakan bahasa lokal:
a.       Memperhatikan cara berbicara orang dilingkungan kerja.
b.      Mencoba untuk menjadi orang yang dinamis tanpa menghilangkan ciri khas diri sendiri

3.       Presentation skill
Melakukan presentasi formal dengan klien atau lebih lepas dengan teman.

Cara menampilkan kemampuan presentasi:
a.       Fokus dan berhubungan dengan  audient agar tidak monoton

4.       Small talk
Obrolan adalah salah satu bagian  yang tidak terlewatkan dalam kehidupan.

Cara  berbicara secukupnya:
a.       Membicarakan sesuatu yang  tidak menyimpang dari ketentuan agama yang dipercayai dan hukum yang berlaku sehingga tidak menimbulkan masalah.
5.       Leadership  and intlative ( kepemimpinan dan inisiatif)
Profesional dalam melakukan sebuah pekerjaan dan mengambil inisiatif

Cara melakukan  kepemimpinan dan inisiatif:
a.       Mengambil keputusan danberani membuat perubahan, dan perbaikan. Menanyakan tentang kondisi kegiatan yang sedang dilakukan
b.      Memberikan ide yang mungkin menjadi masukan

6.       Conflict resolution and negotion
Belajar untuk memahami masalah dengan tenang dan mencoba untuk memaafkan ketika semua pergi.

Cara menyelesaikan masalah  dan negisiasi:
a.       Mencoba fokus dan tanggap terhadap masalah yang muncul
b.       Berkeinginan untuk menang dan sukses. Bekerja kerjakeras menuju jalan penyelesaian.

7.        Accepting constructive criticsm  ( umpan balik)
Memahami bahwa kita bukan seorang yang sempurna dan belajar adalah
Sebuah proses  berkelanjutan selama kita hidup.

Cara melakukan umpan balik :
a.memperhatikan suatu masukan dan tindakan yang di anggap baik. Jangan melihat dari satu dudut pandang. Melihat keadaan  untuk melakukan sesuatu yang diinginkan atau tidak diinginkan

8.       Flexiblity
Selalu berubah menyesuaikan diri dan belajar  tanpa menghilangkan prinsip awal dari diri sendiri. Untuk menciptakan suasana yang nyaman dan damai

9.       Business etiquette ( etiket bisnis)
        Sebuah tempat kerja memiliki adat atau tata cara dalam prakteknya.

Cara mudah mengikuti adat tempat kerja
a.Menjaga hubungan antar teman dan merencanakan sesuatu dengan detail  dan membuat salinan sebagai bukti, kemungkinan suatu saat diperlukan.



referensi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar