nama kelompok:
- risky pandu . s
- i gusti ayu
SOFT SKILL
Softskill adalah sebuah hal yang dikaitkan dengan EQ( Emotional
inteligent quotient), dimana didalamnya terdapat sifat tentang kepribadian
, komunikasi, optimes dan sebagainya.
Sembilan Pentingnya Softskill
1. Communication skill
our lives begin to end the day we become silent about things that matter
-
Kutipan Martin Luther king
Maksudnya : dengan kita diam dari hal –hal penting maka hidup kita sama
seperti mati karena seolah menutup mata
dengan keadaan sekitar.
Bagaiman cara anda berkomunikasi
?
a.Menulis dan berbicara untuk
menyampaikan kepada orang lain hasil
pemikiran kita dan menggunakan kata persuasif.
b. memperhatikan kata yang menjadi hambatan sehingga orang lain salah paham
2. Local language skill
Kemampuan bahasa lokal untuk dapat memahami bahasa/ frasa lokal dalam lingkungan
kerjasama.
Cara menggunakan bahasa lokal:
a.
Memperhatikan cara berbicara orang dilingkungan
kerja.
b.
Mencoba untuk menjadi orang yang dinamis tanpa
menghilangkan ciri khas diri sendiri
3. Presentation skill
Melakukan presentasi formal dengan klien atau lebih lepas dengan teman.
Cara menampilkan kemampuan presentasi:
a.
Fokus dan berhubungan dengan audient agar tidak monoton
4. Small talk
Obrolan adalah salah satu bagian
yang tidak terlewatkan dalam kehidupan.
Cara berbicara secukupnya:
a.
Membicarakan sesuatu yang tidak menyimpang dari ketentuan agama yang
dipercayai dan hukum yang berlaku sehingga tidak menimbulkan masalah.
5. Leadership
and intlative ( kepemimpinan dan inisiatif)
Profesional dalam melakukan sebuah pekerjaan dan mengambil inisiatif
Cara melakukan kepemimpinan dan
inisiatif:
a.
Mengambil keputusan danberani membuat perubahan,
dan perbaikan. Menanyakan tentang kondisi kegiatan yang sedang dilakukan
b.
Memberikan ide yang mungkin menjadi masukan
6. Conflict resolution and negotion
Belajar untuk memahami masalah dengan tenang dan mencoba untuk memaafkan
ketika semua pergi.
Cara menyelesaikan masalah dan
negisiasi:
a.
Mencoba fokus dan tanggap terhadap masalah yang
muncul
b.
Berkeinginan untuk menang dan sukses. Bekerja
kerjakeras menuju jalan penyelesaian.
7. Accepting
constructive criticsm ( umpan balik)
Memahami bahwa kita bukan seorang yang sempurna dan belajar adalah
Sebuah proses berkelanjutan selama
kita hidup.
Cara melakukan umpan balik :
a.memperhatikan suatu masukan dan tindakan yang di anggap baik. Jangan melihat dari satu dudut pandang. Melihat keadaan untuk melakukan sesuatu yang diinginkan atau tidak diinginkan
a.memperhatikan suatu masukan dan tindakan yang di anggap baik. Jangan melihat dari satu dudut pandang. Melihat keadaan untuk melakukan sesuatu yang diinginkan atau tidak diinginkan
8. Flexiblity
Selalu berubah menyesuaikan diri dan belajar tanpa menghilangkan prinsip awal dari diri
sendiri. Untuk menciptakan suasana yang nyaman dan damai
9. Business etiquette ( etiket bisnis)
Sebuah tempat kerja memiliki adat atau tata
cara dalam prakteknya.
Cara mudah mengikuti adat tempat kerja
a.Menjaga hubungan antar teman dan merencanakan sesuatu dengan
detail dan membuat salinan sebagai
bukti, kemungkinan suatu saat diperlukan.
http://corplw-rep.footprintsherpa.net/9ESoftSkills/9EssentialSoftSkills.pdf
(6 desember 2013 )
Tidak ada komentar:
Posting Komentar