Sabtu, 07 Maret 2015


MEGENAL LEBIH DEKAT E-MARKETING

Menurut bahasa inggris e-marketing/internet marketing/online marketing adalah segala sesuatu untuk melakukan pemasaran barang atau jasa secara elektronik menggunakan jaringan computer(media sosial).

Contohnya: e-mail, e-business dan sebagainya

 Manfaat E-Marketing

1.       Branding.

Menunjikan jenis Produk, layanan, logo-logo perusahaan, dan penawaran dapat diwujudkan secara visual(gambar), bahkan saat ini semakin marak dengan audio dan video streaming melalui media internet.

  1. Direct Response (respon langsung).

Memberikan realsi langsung dengan cepat. User dapat merespon dengan mudah dan cepat. Tentu hal ini mengantarkan pebisnis dalam mendapatkan hasil dengan segera dari kegiatan usaha promosi dan iklan melalui internet.

  1. Targeting (penentuan target pasar).

 Dengan teknologi yang digunakan (seperti rss, milis, forum, maupun kode-kode website tertentu) dapat mentarget pengguna atau calon konsumen.

  1. Tracking (pelacakan).

 Elemen yang paling kuat dari eMarketing ialah, hampir apa saja bisa dilacak dan bisa dilihat secara instan. Ini berarti, jika ada sesuatu dalam sistem yang tidak bekerja, anda bisa mengatasinya.

  1. Return on Investment (kembali modal).

Karena kekuatan tracking yang begitu bagus, anda bisa memastikan bahwa modal anda dapat kembali. Dengan dapat menentukan seberapa banyak orang yang melakukan klik terhadap banner iklan atau link email, para pemilik usaha dapat mengkalkulasi kembalinya modal investasi dengan mudah.

  1. Inexpensive (tidak mahal).

membeli keywords (kata kunci) pada browser yang ada di internet  relatif murah, bahkan bisa dikatakan sangat murah. Biaya email biasanya sudah tergabung dengan biaya koneksi kepada Penyedia Jasa Layanan Internet (Internet Service Provider)

Keuntungan E-Marketing
  1. Memiliki biaya marketing yang relaatif murah
  2. memiliki kecepatan dalam merespon kegiatan pemasaran di e-marketing
  3. memiliki kemampuan mengukuran dan mengumpulkan data
  4. Personalisasi
  5. Interaksi yang memudahkan hubungan antara penjual dan pembeli di e-marketing
Kelemahan  E-Markketing
  1. Memerlukan jaringan internet dan teknologi
  2. Privasi dan keamanan yang cukup rawan
  3. Membutuhkan biaya pemberharuan karen teknologi yang terus meningkat
  4. Penggunaan teknologi dan akses internet yang tidak merata
  5. Persaingan harga yang cukup tinggi
  6. Persaingan yang terjadi secara mendunia karena kecepatan pemasaran pada e-marketing
 
 Metode SOSTAC
 

metode SOSTAC diperkenalkan oleh paul smith dalam  perencanaan pemasaran (marketing plan) Metode SOSTAC sendiri merupakan singkatan dari Situations analysis, Objectives, Tactics, Actions, dan juga Control.

1.       Situation analysis
Menjadi tahap pertama dengan melakukan analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats) dari produk yang akan dipasarkan. Sehingga mengetahui kelebihan dari produk yang akan dipasarkan.

2.       Objectives
tahap membuat dan menentukan tujuan untuk mengetahui mengapa menggunakan e-marketing .Oleh karena itu, terdapat 5 jenis tujuan atau objective di dalam e-marketing, diantaranya adalah :

a.       Sell
Upaya untuk meningkatkan penjualan kita melalui e-marketing.
 
b.      Serve
Memberikan sebuah pelayanan atau keuntungan yang lebih kepada para pelanggannya.
Seperti contohnya adalah pengembangan produk sesuai dengan keinginan pelanggan.
 
c.       Speak
Pendekatan kepada pelanggan dengan mengajukan pertanyaan  secara online. Selain itu juga mennyediakan fasilitas chatroom yang dapat digunakan untuk melakukan chat antara perusahaan dengan pelanggan. Sehingga dapat mengembangkan produk berdasarkan kebutuhan pelanggan.

d.      Save
Menyimpan budget yang cukup dan meminimumkan pengeluaran perusahaan
 
e.       Sizzle
Memperluas lambang atau gambar ciri perusahaan untuk memperkenalkan produk pada pelanggan melalui jaringan internet (media sosial).

3.       Strategy
tahap membuat rencana dimana sebuah perusahaan dapat mencapai tujuan sudah ditentukan.

4.       Taktik
Tahap menentukan bagaimana dan apa saja yang hendak dilakukan dalam menjalankan perencanaan.

5.       Action
Melakukan apa yang telah menjadi taktik dan strategi dengan perwujudan aksi dari perencanaan dan pengembangan manajemen yang sudah dibuat untuk menggunakan e-marketing.Terdapat lima marketing action yang digunakan dalam proses jalannya perencanaan, diantaranya adalah sebagai berikut :

a.       Traffic building action
menciptakan atau membangun traffic suatu web sites yang menjalankan e-marketing.

b.      Action to achieve customer response
Melakukan pengamatan terhadap respon  atau yang dilakukan pelanggan dalam system e-marketing

c.       Action to gain sales
Usaha perusahaan untuk menghasilkan profit dengan melakukan penjualan  e-marketing

d.      Fulfillment actions
Menggunakan hardware dan software untuk mencari berbagai data

e.       E.CRM
Menetukan bagaimana sebuah perusahaan untuk meningkatkan hubungan antara perusahaan dan pelanggannya dengan baik.

 

6.       Control
Pengawasan kegiatan control perusahaan melakukan pengontrolan atau pengamatan mengenai tujuan yang dibuat diawal perencanaan sudah tercapai atau belum. Di dalam e-marketing plan yang sudah dibuat, kita juga harus menyediakan berbagai sumberdaya yang terdiri atas :

a.       Man
Memperkerjakan  sumber daya manusia baik laki-laki maupun perempuan.

b.      Money
menentuan besarnya budget produksi dan pemasaran suatu perusahaan sesuai dengan perencanaan yang telah dirancang sebelumnya

c.     Minutes
waktu yang digunakan dalam proses perencanaan hingga pencapaian tujuannya. Sehingga perusahaan tahu waktu yang terjadi sesuai deadline atau tidak berdasarkan rencana yang telah dibuat sebelumnya.

 

 

Sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar