PROFIL USAHA
1.
Perdagangan Besar
Perdagangan besar ialah segala aktivitas marketing yang menggerakkan barang-barang dari produsen ke pedagang eceran atau ke lembaga-lembaga marketing lainnya. Jika kita lihat dari proses marketing yang meliputi konsentrasi, equasi, dan distribusi, maka proses pengumpulan dan pengembangan (konsentrasi dan equasi dilakukan oleh perdagangan besar, sebagai berikut :
Pada bagian kiri ada proses konsentrasi, artinya barang-barang yang akan dipasarkan akan dikumpulkan terlebih dulu, seperti para tengkulak/perantara atau KUD, Dolog yang mengumpulkan beras atau padi dari petani. Kemudian mencari informasi daerah yang memerlukannya, berapa dan kapan diperlukannya, ini disebut proses equasi. Akhirnya terjadi proses distribusi yaitu beras dikirim menurut jumlah dan kualitas sesuai dengan informasi yang telah dikumpulkan.
Untuk meneliti apakah kegiatan distribusi itu merupakan kegiatan perdagangan besar atau bukan, ada 3 macam sifat yang bisa diperhatikan:
1. Motif pembelian
Motif pembelian memiliki tujuan bahwa barang bukan untuk dikonsumsi, tetapi untuk dijual kembali dengan memperoleh keuntungan.
2. Jumlah pembelian
Kita mengenal beberapa kategori konsumen :
· Commercial consumers
· Industrial consumers, dan
· Governmental consumers
Perdagangan besar ialah segala aktivitas marketing yang menggerakkan barang-barang dari produsen ke pedagang eceran atau ke lembaga-lembaga marketing lainnya. Jika kita lihat dari proses marketing yang meliputi konsentrasi, equasi, dan distribusi, maka proses pengumpulan dan pengembangan (konsentrasi dan equasi dilakukan oleh perdagangan besar, sebagai berikut :
Pada bagian kiri ada proses konsentrasi, artinya barang-barang yang akan dipasarkan akan dikumpulkan terlebih dulu, seperti para tengkulak/perantara atau KUD, Dolog yang mengumpulkan beras atau padi dari petani. Kemudian mencari informasi daerah yang memerlukannya, berapa dan kapan diperlukannya, ini disebut proses equasi. Akhirnya terjadi proses distribusi yaitu beras dikirim menurut jumlah dan kualitas sesuai dengan informasi yang telah dikumpulkan.
Untuk meneliti apakah kegiatan distribusi itu merupakan kegiatan perdagangan besar atau bukan, ada 3 macam sifat yang bisa diperhatikan:
1. Motif pembelian
Motif pembelian memiliki tujuan bahwa barang bukan untuk dikonsumsi, tetapi untuk dijual kembali dengan memperoleh keuntungan.
2. Jumlah pembelian
Kita mengenal beberapa kategori konsumen :
· Commercial consumers
· Industrial consumers, dan
· Governmental consumers
2.
Perdagangan
Eceran
Kegiatan perdagangan besar dan
perdagangan eceran adalah sangat penting dalam proses penyaluran barang dan
jasa. Tanpa usaha perdagangan besar dan eceran, sulit produsen menyalurkan
barangnya, walaupun beberapa produsen dapat langsung menyalurkan barang kepada
konsumen atau ke pengecer, tapi kegiatan tersebut tidak dapat diandalkan dan
tidak efisien.
Keuntungan dan kelemahan perdagangan eceran
Beberapa keuntungan dari
perdagangan eceran kecil adalah :
1. Modal yang diperlukan adalah
kecil dan rentabilitasnya besar
2. Pedagang-pedagang eceran kecil
menganggap bahwa pendapatnya dari usaha itu merupakan pendapatan tambahan atau
kadang-kadang hanya iseng atau mengisi waktu lowong terutama pada daerah
musiman.
3. Tempat kedudukan
pedagang-pedagang eceran kecil biasanya paling strategis. Mereka selalu
mendekatkan the center of consumers (pusat-pusat konsumen).
4. Hubungan antar pedagang eceran
kecil dan konsumen adalah kuat misalnya kita lihat pembeli-pembeli pada
warung-warung kopi mengadakan obrolan yang intim sekali dengan pemiliknya.
Faktor-faktor kelemahan
Kelemahan yang terdapat pada
perdagangan eceran kecil ini ialah :
- Keahlian kurang
- Administrasi dalam arti
pembukuan tidak diperhatikan, sehingga kadang-kadang habis dimakan.
- Pedagang kecil tidak mampu
mengadakan sales promotion.
Faktor-faktor yang mendorong
majunya toko eceran
Banyak sekali faktor yang
mendorong toko-toko eceran ke arah kemajuan, antara lain :
- Lokasi/tempat toko eceran
3.
Pedagang
Kaki Lima
PKL adalah istilah untuk menyebut penjaja dagangan yang
melakukan kegiatan komersial di atas daerah milik jalan (DMJ) yang (seharusnya)
diperuntukkan untuk pedestrian. Ada pendapat yang menggunakan istilah
PKL untuk pedagang yang menggunakan gerobak.
Istilah itu sering ditafsirkan demikian karena jumlah kaki pedagangnya ada lima.
Lima kaki tersebut adalah dua kaki pedagang ditambah tiga "kaki"
Bondan (yang sebenarnya adalah tiga roda atau dua roda dan satu kaki yang
seindah dan seenak ceker ayam).
Menghubungkan jumlah kaki dan roda dengan istilah kaki
lima adalah pendapat yang mengada-ada dan tidak sesuai dengan sejarah. Pedagang
bergerobak yang 'mangkal' secara statis di DMJ adalah fenomena yang cukup baru
(sekitar 1980-an), sebelumnya PKL didominasi oleh pedagang pikulan (penjual
cendol, pedagang kerak telor) dan gelaran (seperti tukang obat jalanan).
4.
Franchising ( Waralaba)
Waralaba (bahasa Inggris: franchising; bahasa
Perancis: franchise yang aslinya
berarti hak atau kebebasan)[1]
adalah hak-hak untuk menjual suatu produk atau jasa maupun layanan.[2]
Sedangkan menurut versi pemerintah Indonesia, waralaba adalah perikatan yang
salah satu pihaknya diberikan hak memanfaatkan dan atau menggunakan hak dari kekayaan intelektual (HAKI) atau pertemuan
dari ciri khas usaha yang dimiliki pihak lain dengan suatu imbalan berdasarkan
persyaratan yang ditetapkan oleh pihak lain tersebut dalam rangka penyediaan
dan atau penjualan barang
dan jasa.[3]
Sedangkan menurut Asosiasi
Franchise Indonesia, yang dimaksud dengan waralaba ialah:
Suatu sistem pendistribusian barang atau jasa kepada pelanggan
akhir dengan pengwaralaba[4]
(franchisor) yang memberikan hak kepada individu atau perusahaan
untuk melaksanakan bisnis dengan merek, nama, sistem, prosedur dan cara-cara
yang telah ditetapkan sebelumnya dalam jangka waktu tertentu meliputi area
tertentu.
5.
Perdagangan On Line ( Internet)
Perdagangan elektronik (bahasa
Inggris: electronic commerce atau e-commerce) adalah
penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran
barang
dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet
atau televisi,
www, atau jaringan
komputer lainnya. E-commerce dapat melibatkan transfer dana
elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis,
dan sistem pengumpulan data otomatis.
Industri teknologi informasi melihat kegiatan e-commerce
ini sebagai aplikasi dan penerapan dari e-bisnis
(e-business) yang berkaitan dengan transaksi komersial, seperti: transfer dana
secara elektronik, SCM (supply chain management), pemasaran elektronik
(e-marketing), atau pemasaran online (online marketing), pemrosesan transaksi
online (online transaction processing), pertukaran data elektronik (electronic
data interchange /EDI), dll.
E-commerce merupakan bagian dari e-business, di mana
cakupan e-business lebih luas, tidak hanya sekedar perniagaan tetapi mencakup
juga pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan dll.
Selain teknologi jaringan www, e-commerce juga memerlukan teknologi basisdata
atau pangkalan data
(databases), surat elektronik (e-mail), dan bentuk teknologi
non komputer yang lain seperti halnya sistem pengiriman barang, dan alat
pembayaran untuk e-dagang ini.
Referensi:
Assalamualaikum wrb salam persaudaraan,perkenalkan saya Sri Wulandari asal jambi,maaf sebelumnya saya hanya mau berbagi pengalaman kepada saudara(i) yang sedang dalam masalah apapun,sebelumnya saya mau bercerita sedikit tentang masalah saya,dulu saya hanya penjual campuran yang bermodalkan hutang di Bank BRI,saya seorang janda dua anak penghasilan hanya bisa dipakai untuk makan anak saya putus sekolah dikarenakan tidk ada biaya,saya sempat stres dan putus asa menjalani hidup tapi tiap kali saya lihat anak saya,saya selalu semangat.saya tidak lupa berdoa dan minta petunjuk kepada yang maha kuasa,tampa sengaja saya buka internet dan tidak sengaja saya mendapat nomor tlpon Aki Sulaiman,awalnya saya Cuma iseng2 menghubungi Aki saya dikasi solusi tapi awalnya saya sangat ragu tapi saya coba jalani apa yang beliau katakan dengan bermodalkan bismillah saya ikut saran Aki Sulaiman saya di ritualkan dana gaib selama 3 malam ritual,setelah rituialnya selesai,subahanallah dana sebesar 2M ada di dalam rekening saya.alhamdulillah sekarang saya bersyukur hutang di Bank lunas dan saya punya toko elektronik yang bisa dibilang besar dan anak saya juga lanjut sekolah,sumpah demi Allah ini nyata tampa karangan apapun,bagi teman2 yang mau berhubungan dengan Aki Sulaiman silahkan hub 085216479327 insya Allah beliau akan berikan solusi apapun masalah anda mudah2han pengalaman saya bisa menginspirasi kalian semua,Assalamualaikum wrb.JIKA BERMINAT SILAHKAN HUB AKI SULAIMAN 085-216-479-327,TAMPA TUMBAL,TIDAK ADA RESIKO APAPUN(AMAN) .
BalasHapus
BalasHapusSaya selalu berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan peminjam yang meminjamkan uang tanpa membayar terlebih dahulu.
Jika Anda mencari pinjaman, perusahaan ini adalah semua yang Anda butuhkan. setiap perusahaan yang meminta Anda untuk biaya pendaftaran lari dari mereka.
saya menggunakan waktu ini untuk memperingatkan semua rekan saya INDONESIANS. yang telah terjadi di sekitar mencari pinjaman, Anda hanya harus berhati-hati. satu-satunya tempat dan perusahaan yang dapat menawarkan pinjaman Anda adalah SUZAN INVESTMENT COMPANY. Saya mendapat pinjaman saya dari mereka. Mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang sah di internet. Lainnya semua pembohong, saya menghabiskan hampir Rp15 juta di tangan pemberi pinjaman palsu.
Pembayaran yang fleksibel,
Suku bunga rendah,
Layanan berkualitas,
Komisi Tinggi jika Anda memperkenalkan pelanggan
Hubungi perusahaan: (Suzaninvestment@gmail.com)
Email pribadi saya: (Ammisha1213@gmail.com)