Selasa, 05 Mei 2015


MARKETING MIX( BAURAN PEMASARAN )

Adalah kegiatan yang menjadi  inti system pemasaran, sebuah variable yang dapat dikenadalikan oleh perusahaan dan menimbulkan respon dari konsumen yang menjadi sasarannya.

Terdiri dari:

Disini akan dikenalkan contoh kasusnya:

 1.      Price
Harga adalah sebuah unsur penting dalam proses pemasaran. Menentukan tingkat ketertarikan konsumen akan produk.

Contoh kasus:
Harga produk A berharga Rp 2500 dan produk B berharga 2000, dengan kualitas rasa  pada produk yang sama. Maka konsumen akan memilih produk B karena dirasa lebih menguntungkan (sudut pandang konsumen).

2.      Product

Produk adalah suatu barang atau jasa yang ditawarkan dipasar untuk diperjualbelikan menjadi sebuah usaha.

Contoh kasus:
Produk A memiliki rasa yang enak dan khas, sedangakan produk B memiliki rasa yang biasa dan standar. Maka sebagian konsumen memilih produk yang memiliki rasa yang unik dan berbeda dari biasanya. Karena lidah orang memiliki keinginan dan kebutukhan yang berbeda jadi harus di perhatikan.

3.      Place
Tempat adalah lokasi yang menjadi pertimbangan dengan wilayang distribusi produk ke konsumen.

Contoh kasus:
Perusahaan PT A memiliki jangkauan yang cukup luas  di Indonesia, untuk mempermudah konsumen mendapatkan produk  yang dibutuhkan secara tepat waktu tanpa adanya kelangkaan produk. Menyalurkan produk baik langsung kekonsumen maupun ke took atau tempat pembelanjaan terdekat.

4.      Promotion
Promosi adalah proses ketika seorang penjual memperkenalkan produk ke public.

Contoh kasus:
Produk pewangi pakaian menampilkan iklan di TV secara menarik dengan gambar, warna dan kata kata visual yang menarik hati konsumen. Membuat konsumen penasaran dengan keunggulan produk yang meyakinkan dari produk tsb.

 

 

 

SUMBER:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar